Artikel

Yuk, Kenalan dengan Mutiara Arsya, Pemenang Program Beasiswa S2 Ajinomoto 2023 ke Jepang!

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 31 October 2022

PT Ajinomoto Indonesia setiap tahunnya mengajak seluruh putra/putri terbaik Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana ke Negeri Sakura melalui Program Beasiswa S2 Ajinomoto. Melalui Ajinomoto Foundation, PT Ajinomoto Indonesia memberikan beasiswa program pascasarjana di 7 (tujuh) universitas pilihan di Jepang, salah satunya The University of Tokyo, yang merupakan universitas terbaik nomor 1 di Jepang dan terbaik nomor 24 di dunia.

Setelah melalui proses panjang dari mulai seleksi penerimaan dokumen hingga proses wawancara bersama tim PR dan BOD Ajinomoto Indonesia di bulan Mei lalu, terpilihlah kandidat asal Malang, Jawa Timur bernama Mutiara Arsya Vidianinggar Wijanarko. Berikut merupakan hasil wawancara tim PR bersama dengan wanita yang akrab disapa dengan Ara ini:

Hai Mutiara, selamat kamu sudah terpilih menjadi pemenang Program Beasiswa Ajinomoto 2023 ke Jepang! Boleh ceritakan sedikit tentang kamu?

Halo, perkenalkan saya Mutiara Arsya Vidianinggar Wijanarko, atau lebih sering disapa Ara, saya merupakan lulusan S1 Gizi, Universitas Airlangga. Saya sedang mendalami kajian gizi perempuan yang berkaitan dengan fat diets issues yang sudah saya lakukan sejak tahun 2020. Saat ini saya mengambil master program (S2) Graduate School of Health Sciences, Kagawa Nutrition University, di bawah bimbingan Prof. Masaharu Kagawa untuk mendukung mimpi saya dalam berkontribusi untuk gizi perempuan.

Jurusan apa yang Mutiara pilih untuk melanjutkan studi S2 di Jepang? Dan Universitas mana?

Kagawa Nutrition University, jurusan Health Science.

Dari 7 universitas bergengsi di Jepang yang ditawarkan oleh PT Ajinomoto Indonesia, apa alasan kamu memilih universitas dan jurusan tersebut?

Kagawa nutrition university merupakan universitas dengan nutrition specific course yang memiliki banyak bidang ilmu seperti (Kin Anthropometry, Medicine Nutrition,  Nutrition Education, Nutrition Ecology,  Food And Nutrition,  Community Health And Gerontology, Nutrition Health Management dll), dan Kagawa Nutrition University dapat memberikan saya wadah untuk berkembang sesuai dengan focus saya mendalami bidang nutrition education and kin anthropometry, yang jarang dimiliki oleh universitas lain.

Apa judul research study yang kamu siapkan untuk ikut seleksi Beasiswa Ajinomoto 2023?

Research yang saya siapkan merupakan research lanjutan yang telah saya lakukan dari tahun 2020, yaitu berkaitan dengan edukasi gizi pada perempuan, dengan judul “Skinny Fat: Metabolic Disease Without Metabolic Phenotype Related to Fat Diet and Body Dissatisfaction of Female” 

Apa harapan kamu dari research tersebut untuk masyarakat?

Saya ingin mendedikasikan riset saya untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pemenuhan gizi berdampingan dengan keinginan dan focus perempuan pada penampilan tubuhnya, yang cenderung melakukan kesalahan dalam menjalani proses diet (fad diets) dan healthy life style yang pada nantinya akan mengakibatkan gangguan Kesehatan diantaranya normal weight obesity, anoreksia, bahkan tidak cukupnya kebutuhan gizi.



Ceritakan pengalaman kamu saat mengikuti seleksi Beasiswa Ajinomoto 2023? Apa saja yang dipersiapkan?

Suatu hal yang saya persiapkan secara matang adalah research study topic, dimana topic tersebut harus sesuai dengan bidang studi yang akan saya ambil dan dikaitkan dengan fenomena baru yang belum menjadi concern di Kawasan asia dan memiliki efek yang besar di kemudian. Pada awalnya saya tidak merasa percaya diri setelah mendapatkan informasi hanya ada 1 awardee yang diperebutkan, namun, tekad yang kuat membuat saya berusaha secara maksimal dalam mempersiapkan kompetensi dan mental dalam setiap proses seleksi hingga akhir.

Untuk jadwal keberangkatan ke Jepang di tahun depan, apa saja yang saat ini sedang kamu persiapkan?

Persiapan yang saya lakukan selain dokumen keberangkatan adalah pemantapan kembali konsep dan komponen riset yang akan saya bawa dalam perjalanan s2 saya, selain itu saya juga mempersiapkan bahasa jepang yang akan mempermudah kehidupan saya di jepang

Bagaimana kesan Mutiara terhadap PT Ajinomoto Indonesia setelah diumumkan sebagai pemenang Beasiswa Ajinomoto 2023?

It really came by surprise! Bersaing untuk mendapatkan 1 tempat sebagai awardee merupakan suatu hal yang sangat luar biasa ketat dan sangat saya syukuri. Melewati proses seleksi yang panjang dan kompetitif membuat saya semakin semangat untuk menjalani proses perjalanan S2 saya.

Dan saya sangat berterima kasih kepada PT. Ajinomoto Indonesia telah memberikan saya kesempatan dan dukungan berupa beasiswa untuk mendalami ilmu dan berkontribusi di dunia gizi perempuan. Selain proses seleksi yang sangat ketat, banyak pelajaran dan pengalaman yang diambil dalam setiap proses seleksi, salah satunya ketika interview bersama BOD dan external expert dimana saya mendapatkan insight baru terkait topik yang saya rencanakan dan akan saya bawa nantinya.

Apa pesan yang ingin disampaikan untuk calon peserta Program Beasiswa Ajinomoto di tahun depan?

Persiapkan dokumen requirement dengan matang, serta persiapkan mental untuk terus berjuang menggapai mimpi. Semangat ya!

Good luck untuk perjalanan beasiswa ke Jepang, Mutiara! Ganbatte kudasai!

Artikel Terkait