Health

Tingkatkan Harapan Hidup Sehat dan Kurangi Dampak Lingkungan, Ajinomoto Luncurkan Program Lingkungan MAPAN di Surabaya

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 13 September 2023

Menuju tahun 2030, seluruh afiliasi Ajinomoto di seluruh dunia - termasuk PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) memiliki dua tujuan besar, yaitu meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang di seluruh dunia dan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnis perusahaan hingga 50%. Untuk mencapai kedua tujuan ini, Ajinomoto mentransformasi seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Health Provider Ajinomoto dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga dan juga kelestarian lingkungan yang bukan hanya untuk diri sendiri namun bisa dibagikan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. 


Sebagai bukti kontribusi Health Provider Ajinomoto terhadap masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara; Kelurahan Bulak Banteng, Surabaya; dan Karawang. Setelah peluncuran Lingkungan Mapan di lokasi pertama pada Juli lalu di Sunter - Jakarta Utara.


 


Bertujuan untuk  memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN di Kelurahan Bulak Banteng - Surabaya, karena lokasinya yang berada di sekitar kantor penjualan Ajinomoto. Dalam program ini, kami mengedepankan peningkatan pemahaman gizi, kelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Ajinomoto akan melaksanakan kegiatan ini secara menyeluruh sehingga bukan hanya peluncuran program tetapi akan ada sesi monitoring, konsultasi dan evaluasi.


 


“Kegiatan ini merupakan manifestasi dari Ajinomoto Shared Value (ASV).  ASV menggunakan keunikan dan keunggulan dari Ajinomoto Group dalam menciptakan nilai bersama Economic value dan Social value melalui pengembangan bisnis Ajinomoto. Dalam bidang kesehatan hari ini Ajinomoto mengundang dokter spesialis Gizi Klinik untuk menjelaskan pentingnya pengaturan menu yang bernutrisi bagi keluarga. Ajinomoto menaruh rasa peduli yang besar dalam bidang kesehatan keluarga, karena dari keluarga yang sehat akan tumbuh negara yang kuat. Ajinomoto membantu keluarga Indonesia melalui peningkatan literasi gizi agar dapat menyiapkan makanan yang lezat bergizi,” ujar Darmanto – Kepala Cabang Surabaya, PT AJINOMOTO SALES INDONESIA, ketika memberikan sambutan di Aula Kelurahan Bulak Banteng.


Beliau melanjutkan, “Dari segi pemeliharaan lingkungan Ajinomoto Health Provider menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah. Dengan memilah sampah dari rumah, warga dapat  membantu memelihara lingkungan sebagai kesadaran bersama, selain itu ada nilai ekonomis jika warga mendaur ulang sampah. Selain pilah sampah, kami juga memperkenalkan AJIFOL yaitu pupuk daun yang cocok digunakan sebagai pupuk tanaman hidroponik di area urban.  Melalui penerapan ekonomi sirkuler yang sedang digaungkan pemerintah RI, Ajinomoto mengolah produk samping dari proses fermentasi menjadi produk yang bernilai jual, yang salah satunya adalah AJIFOL. Kegiatan seperti ini akan terus kami (Health Provider) lakukan untuk membantu meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan demi hijaunya Indonesia.”

 

Di bidang kesehatan, Ajinomoto menggandeng Spesialis Gizi Klinik, dr. Dewa Ayu Liona Dewi, M.Kes, Sp.GK yang memberikan informasi kepada seluruh peserta yang didominasi oleh ibu-ibu kader PKK, mengenai pengoptimalan pertumbuhan anak dan pemberian gizi yang baik pada anak.“Anak-anak adalah masa depan bangsa. Untuk itu, tumbuh kembang anak-anak Indonesia juga patut menjadi perhatian bersama.  Stunting yang merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang dialami anak-anak karena asupan gizi yang buruk merupakan masalah yang harus dipecahkan bersama. Penanggulangan stunting memang lebih baik dilakukan dengan tindakan pencegahan, yaitu pada 1.000 hari pertama kehidupan anak. Jadi penting bagi ibu hamil dan ibu menyusui untuk memenuhi asupan gizi nya dengan konsep Isi Piringku,” ujar dr. Liona Dewi saat memberikan pemaparannya kepada para peserta.


 


Kami juga peduli terhadap para pengusaha UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Kami juga mengundang contoh pengusaha UMKM yang sukses mengembangkan usahanya dari rumah. Ibu Titin Mukadah, seorang pengusaha kuliner rumahan yang sukses membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kuliner rumahan, yang memberikan inspirasi bagi warga Kelurahan Bulak Banteng. Ajinomoto mengajak para warga Bulak Banteng yang hadir untuk ikut serta dalam Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto. 


“Kami sangat berterima kasih kepada Ajinomoto. Karena dengan acara ini, kami bisa menambah wawasan  tentang gizi, tentang kesehatan dan juga tentang lingkungan. Sudah disampaikan di pemaparan dokter spesialis gizi tadi bagaimana cara perbaikan gizi kepada anak penderita stunting. Pemerintah kota Surabaya di akhir tahun menargetkan kota Surabaya khususnya di Bulak Banteng sudah harus zero stunting”, ujar Yudhi Priyo Utomo – Lurah Bulak Banteng.


Ajinomoto berharap, apa yang dibagikan para Health Provider dan juga narasumber lainnya dapat memberikan kontribusi nilai sosial yang baik dan dapat menjadi masukkan berguna serta memberikan nilai tambah bagi warga Kelurahan Bulak Banteng dan semoga kick off program Lingkungan MAPAN di Karawang nanti juga berjalan sukses dan memberikan banyak manfaat bagi warga.

Artikel Terkait