Artikel

The University of Tokyo dan 6 Destinasi Kampus Terbaik di Jepang yang Bisa Diraih Melalui Program Beasiswa S-2 Ajinomoto 2023

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 11 February 2022

Menjadi negara di Asia yang terkenal dengan kemajuannya dalam bidang teknologi dan inovasi dalam ilmu pengetahuan, Jepang menjadi salah satu destinasi teratas dari para pelajar internasional yang ingin berburu beasiswa, tak terkecuali pelajar dari Indonesia.

Di tahun ini, PT Ajinomoto Indonesia melalui Ajinomoto Foundation kembali membuka beasiswa untuk program pascasarjana (post-graduate) untuk tahun ajaran 2023 kepada mahasiswa dan mahasiswi Indonesia terpilih untuk melanjutkan studi di Jepang.

Sejak dibuka di bulan Desember 2021 lalu, Ajinomoto Indonesia mengumumkan 7 universitas pilihan di Negeri Sakura yang bisa menjadi destinasi Program Beasiswa S-2 Ajinomoto 2023. Berikut 7 universitas terbaik di Jepang yang masuk dalam daftar tujuan Beasiswa studi S-2 dari Ajinomoto:

Ochanomizu University

Sumber: Wikipedia

Universitas yang berada di salah satu kawasan di Tokyo ini merupakan Universitas Wanita tertua di Jepang. Berdiri pada tahun 1875, Universitas Ochanomizu telah membesarkan banyak tokoh peneliti dan pendidik terkemuka, salah satunya Kono Yasui, perempuan Jepang pertama yang memperoleh gelar doktor dalam bidang sains. Dari awal hingga sekarang, Universitas Ochanomizu terus berperan sebagai pelopor dalam mendidik kaum perempuan yang ahli dibidangnya di setiap zaman.

Kagawa Nutrition University

Sumber: www.eiyo.ac.jp

Awal mula berdiri dalam pada tahun 1969 oleh Yayasan Edukasi Gizi Kagawa, universitas swasta pertama dan satu-satunya di Jepang yang berfokus pada gizi dan kesehatan. Kagawa Nutrition University menawarkan dua program yaitu Program Gelar Ilmu Gizi dan Program Ilmu Kesehatan. Bagi mahasiswa yang ingin mengejar karir di bidang gizi dan kesehatan, Kagawa Nutrition University adalah pilihan yang tepat bagi mahasiswa Asia, khususnya Indonesia dalam meraih spesialisasi.

Nagoya University

Sumber: Wikipedia

Universitas yang sudah berdiri sejak zaman Kekaisaran Meiji ini awalnya merupakan sekolah kedokteran. Saat ini, Nagoya University adalah universitas yang berfokus pada penelitian dan diperuntukkan bagi mahasiswa yang tertarik pada bidang yang berkaitan dengan sains. Kebanyakan alumninya juga berkarier di bidang sains dan dua diantaranya pernah meraih nobel di bidang sains sebagai penemu Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasa.

Waseda University

Sumber: jal.japantravel.com

Sudah berdiri sejak tahun 1882, Universitas swasta terbaik dan favorit di Jepang ini memiliki lebih dari 3000 total program studi hingga mendapatkan gelar Japan’s Most Global Campus. Ini dikarenakan Waseda University menampung lebih dari 7000 mahasiswa internasional yang datang dari 120 negara.

Tak heran jika universitas yang berpusat di Shinjuku, Tokyo ini juga merupakan universitas riset komprehensif yang memiliki 50 program gelar dalam Bahasa Inggris. Alumninya juga tak tanggung-tanggung, termasuk Tadashi Yanai (CEO Uniqlo), Ibuka Masaru (pendiri Sony Group), beberapa Perdana Menteri Jepang, dan salah satu content creator ternama Indonesia, Jerome Polin.

Tokyo Institute of Technology

Sumber: titech.ap.jp

Perguruan tinggi yang berada di peringkat ke-55 terbaik di dunia ini juga merupakan destinasi studi di Tokyo yang telah berdiri lebih dari 130 tahun. Tokyo Institute of Technology atau yang popular disebut Tokyo Tech ini menawarkan program studi di bidang teknik dan teknologi yang sangat unggul, dan didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap serta tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Universitas ini merupakan salah satu universitas bergengsi yang memiliki tingkat seleksi yang sangat ketat.

Kyoto University

Sumber: irhasymaulad.com

Kyoto University juga merupakan anggota 7 Universitas Nasional di Jepang. Universitas ini juga menawarkan 10 jurusan pada program S-1 dan 17 jurusan untuk program S-1. Alumninya ada yang meraih nobel dalam bidang fisika teori, kimia, dan biologi molekuler. Bagi yang ingin berkuliah jauh dari pusat keramaian, kota Kyoto yang masih kental dengan adat istiadat Jepang bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok.

The University of Tokyo

Sumber: WIkipedia

Universitas yang didirikan pada tahun 1877 ini merupakan anggota dari 7 universitas terbaik di Jepang dan urutan terbaik ke-23 di dunia menurut QS World University Ranking. Universitas yang juga menjadi universitas penelitian negeri di di Jepang ini memiliki 5 kampus yang berada di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Tak heran, jika University of Tokyo merupakan kampus yang paling diincar oleh pelajar Jepang maupun mancanegara.

Satu dari 7 universitas terbaik di Jepang tersebut terbuka bagi para mahasiswa/mahasiswi Indonesia yang berkesempatan meraih Program Beasiswa Ajinomoto untuk tahun ajaran 2023. Program yang dilaksanakan oleh PT AJINOMOTO INDONESIA sejak tahun 2010 ini merupakan Program Beasiswa Penuh, dengan rincian: tunjangan sejumlah 1,8 juta Yen sebagai Research Student (selama 1 tahun), 6.480.000 yen sebagai Master Course Student (selama 2 tahun), tanggungan penuh biaya perkuliahan (tuition fees), admisi, dan full examination, serta tiket pesawat berangkat ke Jepang.

Program beasiswa ini sudah dibuka sejak Desember 2021 dan akan ditutup pada 25 Maret 2022. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Program Beasiswa Ajinomoto 2023, silakan klik https://www.ajinomoto.co.id/id/beasiswa.


Sumber: Hot Course Indonesia, IDN Times, Jass Of Air, World Scholarship Forum, Scholars Official, Ochanomizu University Official Web

Artikel Terkait