Artikel

Recook Menu Kachimeshi untuk Si Pecinta Olahraga Permainan

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 30 March 2023

Olahraga permainan adalah olahraga yang dilakukan secara tim atau regu (lebih dari satu orang), sehingga diperlukan kerjasama yang baik antarpemain dan juga strategi yang tepat untuk memperoleh kemenangan. Olahraga permainan adalah olahraga yang membutuhkan energi dari proses aerobik-anaerobik dengan proporsi yang seimbang. Ketika olahraga dengan intensitas tinggi yang membutuhkan kekuatan secara cepat seperti berlari mengejar bola atau memukul bola dengan keras maka metabolisme energi tubuh akan berjalan secara anaerobik menggunakan cadangan energi yang disimpan di glikoden. Sedangkan saat olahraga dengan intensitas rendah seperti berjalan, metabolisme energi yang digunakan adalah aerobik dimana energi akan diperoleh dari simpanan karbohidrat, lemak, dan protein. Adapun olahraga yang termasuk ke dalam kategori olahraga permainan antara lain:




Setiap olahraga memiliki metabolisme energi yang berbeda dan kebutuhan zat gizi yang berbeda pula dari segi karbohidrat, protein dan juga lemak termasuk olahraga permainan. Pada olahraga ini disarankan untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya 50-60%, protein 12-15%, dan lemak 30-35% dari kebutuhan total energi harian. Menu Kachimeshi kali ini pun akan merangkum beberapa resep makanan yang sudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan zat gizi para pecinta olahraga permainan.

1. Makanan Pokok

Nasi Merah


 

Nasi yang merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia, juga bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang bagus untuk atlet bahkan pencinta olahraga. Nasi dapat dikombinasikan dalam menu makan pecinta olahraga baik pada fase sebelum latihan, selama, dan setelah latihan untuk membantu mengurangi kelelahan yang disebabkan oleh penurunan glikogen otot. Glikogen adalah cadangan glukosa yang disimpan di otot sebagai sumber energi tubuh. Diantara berbagai jenis nasi, nasi merah sangat cocok untuk masuk ke dalam menu Kachimeshi karena kandungan serat, vitamin dan mineralnya lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Memasukkan nasi merah ke dalam menu makan sebelum dan sesudah berolahraga akan memberikan pecinta olahraga energi yang tahan lama, sumber karbohidrat kompleks, protein, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk mengisi kembali simpanan glikogen di otot yang terkuras saat berolahraga.  


2. Menu Utama 

Udang Asam Manis ala Saori®


 


Bahan-Bahan:

- 200 g udang -     5 ml Saori® Saus Tiram

- 20 g cabai hijau besar -     35 g daun bawang

- 20 g cabai merah besar -     2 g lada bubuk 

- 20 g wortel         -     5 g gula pasir

- 10 g bawang putih -     30 ml minyak goreng

- 35 g bawang bombay -     10 ml saos tomat

- 30 g jeruk nipis  

Cara Memasak:

- Bersihkan udang dan marinasi dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

- Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu dan wangi. Masukkan wortel, daun bawang, cabai merah dan cabai hijau besar. Tumis sebentar dan tambahkan air, masak hingga air menyusut.

- Masukkan udang, masak hingga matang atau berubah warna. Tambahkan saos tomat, Saori® Saus Tiram, gula, dan lada bubuk lalu tambahkan sedikit air, masak sampai mendidih hingga bumbu meresap.

- Udang Asam Manis ala Saori® siap disajikan.

Satu resep Udang Asam Manis ala Saori® bisa disajikan untuk 3 porsi dan setiap porsinya mengandung:


 


3. Menu Pendamping

Sate Lilit Tempe ala AJI-NO-MOTO®


 

Bahan-Bahan:

- 200 g tempe     -     10 g daun jeruk

- 45 g telur ayam     -     2.5 g lada bubuk

- 20 g tepung maizena     -     2 g garam 

- 24 g bawang merah     -     10 g cabai rawit

- 15 g bawang putih     -     2 g MSG AJI-NO-MOTO®

- 5 g ketumbar     -     10 ml minyak goreng

Cara Memasak:

- Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Haluskan tempe lalu sisihkan.

- Campurkan bumbu yang telah dihaluskan, telur, dan daun jeruk. Tambahkan lada bubuk dan AJI-NO-MOTO®.

- Masukkan tempe halus dan tepung maizena aduk hingga bumbu dan tempe tercampur sempurna. Ambil adonan tempe lalu lilitkan ke batang sereh, ulangi hingga semua adonan tempe habis.

- Panaskan grill pan dan olesi dengan minyak goreng, panggang sate hingga matang merata. Sate Lilit Tempe ala AJI-NO-MOTO® siap dihidangkan.


Satu Resep Sate lilit Tempe ala AJI-NO-MOTO® bisa disajikan untuk 4 porsi dan setiap porsinya mengandung:



 

4. Sayur

Tumis Kembang Kol Buncis ala Masako®


      

Bahan-Bahan:

- 200 g kembang kol         -    50 g bawang bombay

- 100 g buncis         -    35 g daun bawang 

- 50 g jamur kuping         -    30 ml minyak goreng

- 30 g cabai merah besar -    2.5 lada bubuk

- 15 g bawang putih     -    15 ml kecap Inggris

- 5 g Masako® Gurih Pas

Cara Memasak:

- Potong dan cuci bahan-bahan hingga bersih lalu sisihkan.

- Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi. Masukkan kembang kol, tumis hingga agak layu lalu masukkan buncis.

- Setelah sayuran hampir matang lalu masukkan jamur kuping, cabai merah besar, dan daun bawang.

- Tambahkan kecap Inggris, Masako® Gurih Pas, dan lada bubuk lalu tambahkan sedikit air. Masak hingga matang dan semua bumbu meresap lalu sajikan.


Satu resep Tumis Kembang Kol Buncis ala Masako® bisa disajikan untuk 4 porsi dan setiap porsinya mengandung:


 

5. Buah

Golden Kiwi


 

Tidak banyak yang tahu bahwa buah yang berasal dari New Zealand ini termasuk ke dalam kelompok beri-berian yang dulunya bernama Gosberi Cina. Berbeda dari jenis beri yang lain Kiwi memiliki ukuran yang cukup besar yaitu seukuran telur. Kiwi sarat akan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Buah Kiwi dibagi menjadi dua jenis yaitu Green Kiwi dan Golden Kiwi, selain berbeda dalam segi penampilan fisik, kandungan gizi pada Golden Kiwi dan Green Kiwi juga berbeda. Golden Kiwi memiliki kandungan Vitamin C dan E yang lebih tinggi dibandingkan dengan Green Kiwi, namun jika dibandingkan dengan buah lain seperti jeruk, nanas, dan papaya kedua jenis Kiwi ini memiliki kandungan Vitamin C yang lebih tinggi. 

Golden Kiwi menjadi pilihan tepat untuk dimasukkan ke dalam set menu Kachimeshi karena kandungan Vitamin C dan E tinggi yang baik untuk para pecinta olahraga. Vitamin C dan E merupakan antioksidan penting, karena ketika terjadi peningkatan aktivitas fisik saat berolahraga terjadi pula peningkatan produksi energi dan juga radikal bebas hasil metabolisme energi, kedua antioksidan ini berfungsi untuk menetralkan radikal bebas tersebut. Selain itu, Vitamin C dan E juga berperan dalam mempercepat proses penyembuhan ketika mengalami cidera.


Set Menu Lengkap Kachimeshi


 


Keterangan: 

Makanan Pokok : Nasi Merah (200 g)

Menu Utama : Udang Asam Manis ala Saori ® (140 g)

Menu Pendamping : Sate Lilit Tempe ala AJI-NO-MOTO® (85 g)

Menu Sayuran : Tumis Kembang Kol Buncis ala Masako® (135 g)

Buah         : Golden Kiwi (150 g)


Yuk recook menu-menu Kachimeshi tadi untuk bantu penuhi kebutuhan gizimu, baik saat berolahraga maupun melakukan aktivitas harianmu. 


Artikel Terkait