Berita

Masako® & Sajiku® dari Ajinomoto Raih Penghargaan TOP Halal Award 2023

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 22 November 2023

Jakarta, 21 November 2023 – PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) secara konsisten memastikan seluruh lini produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Tidak hanya itu, Ajinomoto juga konsisten menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di seluruh pabriknya dalam melakukan proses produksi. Dengan komitmen dan konsistensi tersebut, dua brand milik PT AJINOMOTO INDONESIA, yakni Masako® & Sajiku® mendapatkan penghargaan TOP Halal Award 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) Marketing Research.


“Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari seluruh masyarakat dan kami terima dengan penuh rasa syukur. Ajinomoto menyampaikan terima kasih yang besar kepada keluarga di Indonesia yang tetap setia dengan produk-produk kami. Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Ajinomoto mampu menjaga amanat untuk tetap menjaga kehalalan produk. Upaya yang kami lakukan selama ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menyediakan produk yang lezat, berkualitas tinggi, dan dapat dipercaya konsumen. Penghargaan ini sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal kami dan memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat sebagai prioritas utama kami,” ujar Ir. Hermawan Prajudi, Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA.


“Kami akan terus melakukan inovasi berkelanjutan dengan tetap mematuhi peraturan lainnya yang ditetapkan pihak regulator, sehingga implementasi jaminan halal di masa depan tetap terjaga guna memberikan produk yang baik untuk seluruh keluarga di Indonesia,” lanjutnya.


TOP Halal Award 2023 oleh IHATEC Marketing Research diselenggarakan dalam rangka apresiasi terhadap seluruh brand yang berhasil meraih posisi teratas pada Top Halal Index.


“Indonesia merupakan negara dengan potensi pasar halal yang besar. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat baik dalam pengembangan industri berbasis halal. Oleh karena itu, halal bisa dijadikan sebagai penguat brand untuk meningkatkan daya saing,” ungkap Evrin Lutfika S.TP, M.TPn, Direktur IHATEC Marketing Research, di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta, Rabu (18/10/2023).


“Tema tahun ini adalah ‘Kesiapan Industri Halal Memasuki Pasar Halal Global’, dan TOP Halal Award akan diselenggarakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, ada sekitar 500 brand yang berkompetisi untuk meraih predikat TOP Halal. Untuk tahun ini, TOP Halal Award diberikan kepada 31 merek (brand) yang sukses meraih predikat brand halal yang top,” lanjutnya.




(Bapak Fumihiro Kobayashi – Wakil Presiden Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA dan Bapak Ir. Hermawan Prajudi – Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA 

Menerima sertifikat & trophy penghargaan dari Ibu Evrin Lutfika S.TP, M.TPn, Direktur IHATEC Marketing Research)


Dalam penilaian award ini, IHATEC melakukan survei Top Halal Index. Survei tersebut dilakukan di lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Survei tersebut melibatkan 1.300 responden dari kalangan millenials. Survei dilakukan pada bulan Mei hingga Juni 2023 dengan menggunakan metode face to face interview.


Konsumen ditanyakan secara langsung akan merek halal yang ada di benak konsumen dalam setiap kategori produk tanpa diberi pilihan jawaban, benar-benar merek produk halal yang melekat di benak konsumen. Tak hanya itu, survei ini juga berisi tentang perilaku dan persepsi Milenial Indonesia terhadap produk halal, halal brand awareness, last usage halal brand, future intention halal brand, Top Halal Index, brand switching analysis, conversion rate analysis, dan lainnya.


Ada tiga parameter yang membentuk elemen merek/brand, yaitu Top of Mind Halal Brand Awareness, Last Usage Brand Halal, dan Future Intention Brand Halal. Sedangkan elemen halal dibentuk oleh empat parameter: yaitu persepsi terhadap komunikasi kehalalan produk, persepsi kehalalan terhadap bahan baku, persepsi kehalalan terhadap proses produksi dan persepsi kehalalan pada kemasan produk.


Artikel Terkait