Environment

Luncurkan MSG AJI-NO-MOTO® dengan Kemasan Kertas, PT AJINOMOTO INDONESIA Raih Penghargaan MURI

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 26 April 2022

Jakarta 22 April 2022 – Sampah plastik masih menjadi salah satu permasalahan lingkungan di Indonesia hingga saat ini. Berdasarkan data The World Bank 2021, Indonesia menghasilkan sekitar 7,8 juta ton sampah plastik setiap tahun. Sebanyak 4,9 juta ton sampah plastik tidak dikelola dengan tepat, misalnya tidak dikumpulkan, dibuang di tempat pembuangan terbuka, atau bocor dari tempat pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik. Pemerintah Indonesia setiap tahunnya melakukan berbagai upaya guna menurunkan jumlah sampah plastik, salah satunya dengan menerapkan kebijakan pelarangan kantong plastik sekali pakai di pasar tradisional, supermarket modern, dan minimarket, sejak Juli 2020.


PT AJINOMOTO INDONESIA terus berinovasi sekaligus berkomitmen mendukung pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik, salah satunya dengan meluncurkan produk MSG AJI-NO-MOTO® yang menggunakan kemasan kertas (paper packaging). “Ini adalah bentuk upaya kami dalam mewujudkan tanggung jawab dan komitmen perusahaan dalam melestarikan lingkungan di Indonesia dengan tetap berpegang teguh pada Ajinomoto Shared Value (ASV) sebagai dasar perusahaan dalam berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Kami juga senantiasa berusaha untuk selalu mematuhi peraturan pemerintah terkait pengelolaan sampah plastik dan dampak lingkungan lainnya demi melestarikan Indonesia hijau,” jelas Rina Sukaesih, Corporate Planning Director PT AJINOMOTO INDONESIA.


Ujang Solihin Sidik, Kepala Subdirektorat Tata Laksana Produsen, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menegaskan, “Persoalan sampah plastik memang menjadi tantangan yang semakin kompleks dihadapi Indonesia. Pemerintah senantiasa melakukan berbagai macam upaya melalui kebijakan dan regulasi yang dibuat dalam rangka mendorong praktik pengurangan sampah plastik melalui implementasi pengelolaan sampah terpadu dari hulu sampai hilir dengan pendekatan full life cycle dari plastik. Pemerintah pun gencar mengajak para pelaku usaha untuk bertanggung jawab melakukan pengurangan sampah produk, kemasan produk, wadah atau kontainer sejak proses disain, produksi, distribusi, ritel, konsumsi, dan pasca konsumsi dengan tetap menangani limbah proses produksi yang dihasilkan dengan baik.”

 

Seorang pemerhati lingkungan, Artika Sari Devi Ibrahim, turut hadir dan berbagi cerita dalam menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. “Hal ini perlu kita terapkan sedini mungkin dan dapat kita lakukan dengan mengajak orang-orang dari lingkungan terdekat seperti keluarga untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat diterapkan di rumah, seperti: menerapkan sistem 3R (reduce, reuse, recycle), menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan, memilah sampah, menghemat air, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, hingga mencoba membuat pupuk kompos bersama anak-anak,” ungkapnya.

Putri Astriani, Brand Manager PT AJINOMOTO INDONESIA menambahkan, “Saat ini, masyarakat Indonesia terutama Gen-Z sudah semakin sadar untuk lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan. Dalam hal memilih produk, Gen-Z juga lebih mementingkan value yang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, namun juga bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan di sekitarnya.”

Perusahaan mengambil langkah nyata dalam aksi pelestarian lingkungan dengan melakukan modifikasi, yaitu mengurangi penggunaan plastik dan menggantinya dengan kertas pada kemasan produk. “Dengan inovasi AJI-NO-MOTO® Paper Packaging ini, kami dapat mengurangi penggunaan plastik hingga 30%. Selain itu, kami juga mengurangi penggunaan plastik pada produk lainnya seperti: Masako® sejumlah 8,4% dalam setiap kemasan 9gr dan Sajiku sejumlah 9,5% di setiap kemasannya. Dengan diluncurkannya MSG AJI-NO-MOTO® Paper Packaging ini, kami juga mendapatkan rekor MURI sebagai bumbu MSG pertama di Indonesia dengan kemasan yang ramah lingkungan” tambah Putri.

Saat ini, AJI-NO-MOTO® dengan kemasan kertas dapat ditemukan di Official Store Ajinomoto pada berbagai platform E-Commerce, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli.com, dan Shopee. Lebih lanjut, produk AJI-NO-MOTO® kemasan ramah lingkungan juga dapat dibeli di supermarket area Pulau Jawa seperti AEON, Lulu Market, Yogya, hingga All Fresh.

Dalam setiap produk-produk yang dihasilkan, PT AJINOMOTO INDONESIA menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan. Pabrik PT AJINOMOTO INDONESIA di Mojokerto telah melakukan ragam upaya untuk mencapai Zero Waste yang merupakan upaya meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol. Berbagai upaya yang dilakukan meliputi pengurangan emisi karbon, pengurangan konsumsi air, penerapan Bio-Cycle & Eco-Activity yang menghasilkan co-product seperti Pupuk AJIFOL, AMINA, bahan baku pakan ternak FML, dan peningkatan pengelolaan air limbah supaya ketika disalurkan ke Sungai Brantas kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.

PT AJINOMOTO INDONESIA juga berkomitmen untuk mendukung pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan air hingga 35% dengan melakukan penghematan melalui peningkatan kualitas air (water treatment) di setiap aktivitas produksi. Komitmen ini juga sebagai wujud partisipasi dalam menyukseskan program pelestarian lingkungan hidup dari Pemerintah Indonesia dan seiring dengan cita-cita Ajinomoto Co., Inc untuk mengurangi dampak lingkungan hingga 50% pada 2030. Langkah ini juga bertujuan untuk menjaga ketersediaan air dalam skala regional, sehingga dapat membantu mengatasi keterbatasan sumber daya air akibat peningkatan konsumsi air terutama pada masa pandemi.

Melalui langkah-langkah tersebut, PT AJINOMOTO INDONESIA berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan gerakan lainnya yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. PT AJINOMOTO INDONESIA konsisten dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi.

Artikel Terkait