Environment

Kunjungan Media ke Pabrik Ajinomoto di Mojokerto, Kenalkan Kontribusi Ramah Lingkungan dengan Proses Produksi Zero Waste

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 04 April 2022

Jakarta, 31 Maret 2022 - PT AJINOMOTO INDONESIA melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well”, berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus menerapkan bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan untuk mengurangi dampak lingkungan di Indonesia. Ajinomoto senantiasa mewujudkan komitmennya dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia melalui berbagai inovasi serta edukasi yang diberikan kepada masyarakat Indonesia berdasarkan Ajinomoto Shared Value (ASV) yang berfokus pada 3 (tiga) pilar: health and wellbeing, food resources, dan global sustainability.

Hari ini, beberapa rekan media berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke salah satu pabrik Ajinomoto di Mojokerto-Jawa Timur. Pabrik yang dibangun sejak 1970 menjadi tempat di mana konsumen dapat mengenal lebih dekat dengan Ajinomoto sebagai produsen Bumbu Umami terkemuka. Kunjungan ini diselenggarakan oleh PT AJINOMOTO INDONESIA untuk memperkenalkan pabrik Ajinomoto kepada rekan-rekan media dengan lebih dekat. Melalui kunjungan ini, rekan-rekan media dapat mengetahui sekaligus menyaksikan secara langsung proses produksi produk-produk berkualitas dari Ajinomoto. Rekan-rekan media juga berkesempatan untuk melihat proses pengaplikasian pupuk cair AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone.

Yudho Koesbandriyo - Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA menjelaskan, “Kunjungan ke pabrik Ajinomoto di Mojokerto ini, merupakan salah satu upaya perusahaan untuk memperkenalkan berbagai upaya yang telah dilakukan PT AJINOMOTO INDONESIA untuk mencapai Zero Waste yang merupakan upaya dalam meminimalkan dan mengurangi pencemaran lingkungan hingga ke titik nol. Pabrik Ajinomoto di Mojokerto berhasil mengurangi penggunaan air hingga 35% yang kemudian mengembangkan inisiasi pemeliharaan lingkungan melalui Peningkatan Pengelolaan Air Limbah (Waste Water Management Improvement). Pabrik Ajinomoto di Mojokerto juga menerapkan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle saat menggunakan air di setiap aktivitas yang ada”.


“Kami ingin mengomunikasikan dan mengedukasi terkait produk-produk berkualitas tinggi yang diproduksi di pabrik Ajinomoto dan diproses dengan mengoptimalkan upaya-upaya yang ramah lingkungan. Tidak hanya berfokus pada produk makanan, Ajinomoto juga terbukti tetap berkomitmen dalam mengurangi dampak lingkungan di Indonesia”, ungkap Grant Senjaya - Head of Public Relations PT AJINOMOTO INDONESIA. Lebih lanjut, berbagai kegiatan lain yang dilakukan di pabrik Ajinomoto di Mojokerto, meliputi: pengurangan emisi karbon, penerapan Bio-Cycle & Eco-Activity yang menghasilkan co-product seperti pupuk AJIFOL, AMINA, bahan baku pakan ternak FML, dan peningkatan pengelolaan air limbah yang ketika disalurkan ke Sungai Brantas, kualitas airnya menjadi lebih baik dan bersih.


Dalam kunjungan kali ini, rekan-rekan media juga melihat aksi nyata Ajinomoto yang berupaya membantu para petani dalam melakukan penyemprotan pupuk cair AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone sebagai salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya guna mendukung budi daya pertanian berkelanjutan. Setelah melalui uji coba, pengaplikasian teknologi drone terbukti sangat efisien dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit per hektar dengan jumlah air berkisar 16 liter per hektar, dibandingkan secara manual yang membutuhkan waktu sekitar setengah hingga satu hari dengan jumlah air sekitar 200 liter per hektar. “PT AJINOMOTO INDONESIA meyakini penggunaan teknologi drone ini turut memberikan dampak lingkungan yang positif serta dapat menghemat biaya sekaligus menyokong budi daya pertanian berkelanjutan di Indonesia”, tutup Yudho.

Artikel Terkait