Artikel

Kontribusi PT AJINOMOTO INDONESIA Atasi Permasalahan Gizi dalam Hari Gizi Nasional (HGN) 2021

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 28 January 2021

Jakarta - Hari Gizi Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Januari disetiap tahunnya selalu menjadi momentum untuk mengentaskan permasalahan gizi di Indonesia. Namun, faktanya hingga kini permasalahan gizi seperti stunting, wasting, obesitas, dan kurangnya konsumsi zat gizi mikro sehingga berujung pada anemia, selalu masih menjadi permasalahan gizi utama di Indonesia.

PT AJINOMOTO INDONESIA, sebagai perusahaan produsen bumbu yang sangat peduli dengan asupan nutrisi dengan gizi seimbang untuk seluruh masyarakat, turut berkontribusi dalam momentum Hari Gizi Nasional tahun 2021 yang mengangkat tema “Remaja Sehat, Bebas Anemia”, yang diusung oleh Direktorat Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Pada tahun ini, PT AJINOMOTO INDONESIA turut mensponsori rangkaian acara Hari Gizi Nasional 2021 tersebut. Salah satu bentuk kontribusi PT AJINOMOTO INDONESIA lainnya, yang telah berjalan dalam beberapa tahun lalu dan konsisten dilakukan hingga kini dalam mengatasi permasalahan gizi adalah dengan inisiasi School Lunch Program (SLP).

“Untuk mengatasi permasalahan gizi, PT AJINOMOTO INDONESIA mengambil pendekatan holistik. Bermitra dengan IPB, kami memprakarsai School Lunch Program untuk menyediakan makan siang dengan gizi seimbang untuk para santri di pesantren di Bogor. Tidak hanya itu, kami juga memberikan edukasi tentang nutrisi yang tepat, (Pola Hidup Bersih Sehat) PHBS, dan pentingnya olahraga. Adanya momen Hari Gizi Nasional pada 25 Januari diharapkan juga menjadi pengingat bagi kita semua bahwa permasalahan gizi anak di Indonesia masih ada. Kami berharap program ini tidak hanya merubah status gizi anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, namun PHBS mereka juga ikut lebih baik, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,” ungkap Katarina Larasati, Public Relations Manager – AJINOMOTO INDONESIA.

SLP telah berjalan sejak 2018. Hingga 2020, sudah ada dua pesantren yang menjadi pilot project, dan menerima manfaat dari program ini, yakni Pondok Pesantren Darussalam & Pondok Pesantren Darul Falah, Bogor.

Dr. Rimbawan, dosen dari IPB, sekaligus Project Leader SLP bersama PT AJINOMOTO INDONESIA memaparkan adanya pengurangan status anemia dan peningkatan status gizi pada para penerima program SLP.

“Di setiap pesantren penerima program, terdapat hasil yang signifikan. Dari pemberian makan siang, hasil yang signifikan adalah peningkatan asupan gizi yang terdiri dari energi, protein, lemak, karbohidrat, zat besi, dan vitamin c. SLP juga dapat meningkatkan kadar hemoglobin santri, serta mengurangi prevalensi anemia yang signifikan,” ujar Dr. Rimbawan.

“Status gizi santri yang semula gemuk juga berkurang menjadi normal setelah menjalankan SLP. Ada juga beberapa santri yang semula underweight, namun setelah ada SLP terjadi peningkatan status gizi ke arah normal. Selain itu, SLP juga dapat meningkatkan pengetahuan gizi dan PHBS secara signifikan,” lanjutnya.

Menurut Dr. Rimbawan, pada dua pesantren yang telah menerima SLP juga beberapa kali ditemukan kasus skipping meal (melewatkan makan), yang salah satu alasannya adalah karena rasa makanan kurang enak dan variasinya terbatas. Penggunaan Bumbu Umami seperti Masako®, Sajiku®, dan Saori® dari Ajinomoto, membantu memperbaiki cita rasa dan variasi menu, sehingga menurunkan kejadian skipping meal, dengan demikian anak-anak menjadi lebih berselera untuk makan, asupan gizinya pun meningkat.

“Saya rasa pemenuhan asupan gizi anak usia sekolah ini menjadi penting, terutama di masa pandemi Covid-19. Saat ini kita dihadapkan dengan tantangan baru dimana para siswa dan santri ini melaksanakan Study From Home (SFH). Hal ini menjadikan tanggung jawab utama pemenuhan gizi anak sekolah bertumpu pada orangtua di rumah, sehingga channel edukasi gizi yang semula ditujukan kepada guru harus diubah sasarannya menjadi orangtua,” ucap Dr. Rimbawan

“Ini tentu menjadi tantangan karena tidak semua keluarga memiliki sumber daya teknologi dan kemampuan untuk menggunakan teknologi yang sama, dengan kondisi kekuatan jaringan yang berbeda-beda, kita harus bergerak cepat mencari solusi agar edukasi gizi mengenai cara pemenuhan gizi anak sekolah dapat sampai pada orangtua dengan baik,” lanjutnya.

Dengan kondisi yang ada saat ini, PT AJINOMOTO INDONESIA berkomitmen untuk tetap memberikan kontribusi terhadap pengentasan masalah gizi di Indonesia dengan mensosialisasikan konsep SLP ke sekolah-sekolah lainnya. Selain itu, untuk memberikan inspirasi baru bagi para ibu yang berperan penting dalam menyiapkan makanan bergizi seimbang bagi keluarga, kegiatan Dapur Umami® Online Cooking Class dihadirkan, dengan mengadaptasi menu-menu yang ada dalam program SLP, namun didemokan oleh chef yang berpengalaman, sehingga dapat lebih menggugah selera untuk menyantap menu tersebut.

Anda dapat menyaksikan kegiatan daring Dapur Umami® kami pada link berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=NPmFW6EVIKU


Tentang PT AJINOMOTO INDONESIA

PT. Ajinomoto Indonesia merupakan produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi dan mehadirkan kelezatan di setiap masakan konsumennya. Dengan slogan globalnya ‘Eat Well, Live Well’, di usia 51 tahun, PT Ajinomoto Indonesia telah mencetak pencapaian luar biasa yang menandakan kekuatan dan ketangguhan sebuah perusahaan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Indonesia.


Artikel Terkait