Health

Kali Ini, Ajinomoto Sambangi Karawang untuk Luncurkan Program Lingkungan MAPAN

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 03 October 2023

Menuju tahun 2030, seluruh afiliasi Ajinomoto di seluruh dunia  - termasuk PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) memiliki dua tujuan besar, yaitu meningkatkan harapan hidup sehat 1 miliar orang di seluruh dunia dan mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnis perusahaan hingga 50%. Untuk mencapai kedua tujuan ini, Ajinomoto mentransformasi seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Health Provider Ajinomoto dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga dan juga kelestarian lingkungan yang bukan hanya untuk diri sendiri namun bisa dibagikan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. 


Sebagai bukti kontribusi Health Provider Ajinomoto terhadap masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang; Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara; dan Kelurahan Bulak Banteng, Surabaya. Karawang adalah tempat ketiga diadakan nya peluncuran Program Lingkungan MAPAN.


 


Bertujuan untuk  memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat sekitar, Ajinomoto meluncurkan Program Lingkungan MAPAN di Desa Duren, Kecamatan Klari, Karawang, karena lokasinya yang berada di sekitar wilayah Pabrik Ajinomoto. Dalam program ini, kami mengedepankan peningkatan pemahaman gizi seimbang dan penyusunan menu menyehatkan bagi keluarga dengan konsep Bijak Garam, aktivitas ramah lingkungan, dan pengembangan ekonomi masyarakat melalui UMKM di bidang kuliner. Ajinomoto akan melaksanakan kegiatan ini secara menyeluruh sehingga bukan hanya peluncuran program tetapi akan ada sesi monitoring, konsultasi dan evaluasi. Pada program ini, Ajinomoto juga turut menggandeng PT Ray Hikmah Jaya (RHJ) yang berlokasi di Karawang. Sebanyak 1000 bibit ayam, 5 ton pakan ternak, dan tempat pilah sampah juga didonasikan pada acara ini untuk masyarakat setempat.


 

 

Kegiatan ini merupakan manifestasi dari Ajinomoto Shared Value (ASV).  ASV merupakan keunikan dan keunggulan dari Ajinomoto Group dalam menciptakan nilai bersama Economic value dan Social value melalui pengembangan bisnis Ajinomoto yang berkelanjutan. Dalam bidang kesehatan, hari ini Ajinomoto mengundang Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si Ketua Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid untuk menjelaskan pentingnya pengaturan menu bergizi seimbang bagi keluarga, dan didampingi juga oleh Sakinah, S.Gz, Nutrition & Education, Corporate Communications Dept – Ajinomoto, yang menjelaskan tentang peranan rasa umami dan manfaat penggunaan MSG sebagai salah satu strategi diet rendah garam. 


 


“Ajinomoto menaruh rasa peduli yang besar dalam bidang kesehatan keluarga, karena dari keluarga yang sehat akan tumbuh bangsa yang kuat. Ajinomoto membantu keluarga Indonesia melalui peningkatan literasi gizi agar dapat menyiapkan makanan yang tidak hanya lezat namun bergizi seimbang. Dari segi kegiatan ramah lingkungan Ajinomoto Health Provider (dari Pabrik Karawang) menjelaskan kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah. Dengan memilah sampah dari rumah, warga dapat membantu memelihara lingkungan sekitar, selain itu bisa ada nilai ekonomi nya juga jika warga ikut berkontribusi dalam proses daur ulang sampah. Selain pilah sampah, kami juga memperkenalkan bagaimana pengolahan limbah padat maupun cair di Pabrik Karawang, hingga menjadi produk pakan ternak alternatif yang memiliki nilai jual. Kegiatan seperti ini akan terus kami (Health Provider) lakukan untuk membantu meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia dan mengurangi dampak lingkungan,” ujar Jasman Silalahi – Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA, ketika memberikan sambutan di Aula Desa Duren, Kec. Klari, Karawang.


 


“Kami juga peduli terhadap para pegiat UMKM, terutama yang bergerak di bidang kuliner. Kami juga mengundang seorang chef yang juga sukses mengembangkan usahanya di bidang kuliner. Kali ini Chef Jordhy Aldyan Latif – Alumni Master Chef Season 6, membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kuliner, yang bisa memberikan inspirasi bagi warga Desa Duren. Ajinomoto juga mengajak para warga yang hadir yang berencana memulai usaha kuliner maupun yang sudah memiliki usaha kuliner untuk ikut serta dalam Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto. Ajinomoto menyediakan hadiah berupa dukungan dana untuk pengembangan usaha bagi para pemenang Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto ini,” lanjutnya.


“Kami sangat berterima kasih kepada Ajinomoto. Karena dengan acara ini, kami bisa menambah wawasan tentang gizi, tentang kesehatan dan juga tentang lingkungan. Sudah disampaikan di pemaparan dokter spesialis gizi tadi bagaimana cara perbaikan gizi kepada anak yang mengalami stunting,” ujar H. Abdul Halim – Lurah Desa Duren


Ajinomoto berharap, apa yang dibagikan para Health Provider dan juga narasumber lainnya dapat memberikan kontribusi nilai sosial yang baik dan dapat menjadi masukkan berguna serta memberikan nilai tambah bagi warga Desa Duren.


Artikel Terkait