Berita

I Gede Siman Sudartawa: Inilah Caraku Untuk Mendapatkan Nutrisi Seimbang

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 15 January 2021

Bulan ini konsentrasi latihan untuk memulihkan kondisi tubuh sudah lebih terfokus. Selain pelatihan fisik dan teknik yang diberikan dalam kepelatihan, aku sudah mulai fokus untuk pembentukan komposisi bentuk tubuh yang ideal untuk mencapai target latihan yang diberikan oleh pelatih. Melalui program Kachimeshi Winning Meals Indonesia, Ajinomoto sangat membantu di proses ini. Mulai awal Desember 2020, suplai makanan bernutrisi kembali dilakukan sesuai dengan kebutuhan agar dapat mencapai hasil latihan yang maskimal.

Makanan yang dikirimkan kepadaku setiap harinya adalah hasil dari perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari - hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang aku jalani baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam. Program latihan yang dibuat oleh pelatih Albert Sutanto kemudian diperiksa oleh Nutrisionis Emilia Achmadi untuk dihitung perkiraan rata – rata kebutuhan nutrisi seimbang yang harus diasup melalui makanan sehari – hari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.

Program pelatihan dan kondisi fisik per awal bulan Desember ini menunjukkan bahwa kebutuhan asupan nutrisi setiap hari adalah sebanyak 3,300 KKal (Kilo Kalori) per hari atau 1,000 KKal lebih banyak dibandingan dengan bulan Juni yang lalu hasil dari meningkatnya frekuensi latihan setiap harinya. Formulasi kebutuhan ini dalam bentuk makanan lebih spesifik lagi harus didapat dari kombisani 40 persen karbohidrat, 30% persen protein dan 30% lemak. Nah Langkah selanjutnya tim Ajinomoto Indonesia melalui nutrisionisnya, Pak Yoni Wibowo akan menterjemahkan ini menjadi kombinasi menu makanan yang dihitung gramasi penyajiannya. Perhitungan ini sangat detail sampai kepada detail gramasi pemakaian produk bumbu Ajinomoto yang bisa digunakan demi mendapatkan kombinasi makanan bernutrisi yang juga nikmat.

        

Selanjutnya menu tersebut akan diserahkan kepada jasa penyedia makanan professional yang akan memasak sesuai dengan detail perhitungan tadi dan diantarkan tiga kali setiap harinya ke tempat tinggalku. Sampai saat ini program ini berjalan dengan lancar karena target berat badan yang ditetapkan oleh pelatih sudah dapat terkejar, dan melalui penyajian makanan ini aku merasa tubuh berada dalam kondisi prima karena rasa lelah setelah berlatih terasa lebih berkurang dibandingan dengan saat sebelum penyediaan makanan dilakukan. Satu hal lagi yang terpenting adalah bahawa catatan waktu yang ditargetkan oleh pelatih juga dapat tercapai sesuai dengan rencana kepelatihan.

Memang membutuhkan usaha dan displin untuk mencapai target latihan, selain komitmen dan displin dalam berlatih, komitmen dan disiplin dalam mengkonsumsi makanan juga diperlukan. Kita bisa melihat sudut pandag dari pelatih dan nutrisionis olah raga juga menu makanan yang aku konsumsi melali artikel yang terbit dalam www.kachimeshi-indonesia.com, pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang. Mari kita mulai pola hidup bernutrisi seimbang yang sesuai dengan aktivitas kita sehari – hari.

Artikel Terkait