Berita

aminoVITAL™ Ajak Sport Enthusiast Dukung Garmin Run 2023

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 03 October 2023

PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) melalui Brand aminoVITAL™ turut mendukung Event Garmin Run 2023 yang dilaksanakan pada 24 September 2023 di kawasan Summarecon Mall Serpong. Ajinomoto yang berkolaborasi dengan Garmin juga memberikan sharing session melalui sebuah Workshop Race Preparation: Road to Garmin Run 2023, pada 12 Agustus 2023.


Dalam workshop tersebut, Firman Prastowo, Brand Manager aminoVITAL™ – PT AJINOMOTO SALES INDONESIA, menjelaskan terkait pentingnya nutrisi asam amino-BCAA untuk membantu proses pemulihan otot dan mengurangi kelelahan setelah berolahraga.


 


“aminoVITAL™ pada awalnya dikembangkan untuk meningkatkan performa atlet Jepang. aminoVITAL™ adalah bahan pangan tambahan untuk olahragawan berbasis protein rasa apel yang merupakan Sport Drink No.1 di Jepang. Dalam satu kemasan 100gr (2 sajian) dibuat dengan 3.000 Mg asam amino dan 1.640 mg BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) dan sudah bersertifikasi halal untuk para atlet dan sport enthusiast. Partisipasi Ajinomoto dalam Garmin Run 2023 in merupakan salah satu kontribusi kami – Health Provider Ajinomoto dalam meningkatkan harapan hidup sehat masyarakat Indonesia terutama dalam menggiatkan gaya hidup sehat dengan berolahraga” ujar Firman.


 


“Berbeda dengan makanan berprotein yang membutuhkan waktu 3 – 4 jam untuk dicerna dan diserap dalam tubuh, asam amino - BCAA merupakan komponen terkecil penyusun protein dan dapat langsung diserap tubuh dalam 30 menit. Produk aminoVITAL™ baik dikonsumsi 30 menit sebelum berolahraga atau setelah berolahraga,” lanjutnya.


Dalam Workshop Race Preparation: Road to Garmin Run 2023 kali ini, Clinical Dietitians Sport Nutritionist Emilia C. Achmadi, juga memberikan sharing session mengenai cara untuk membangun kebugaran khususnya untuk pelari.


“Pelari jarak jauh memerlukan energi yang berkelanjutan untuk membantu mereka melewati latihan yang panjang. Untuk meningkatkan kinerja dan memberi bahan bakar yang tepat bagi pelari jarak jauh, pola makan yang sesuai harus diformulasikan dan diterapkan selama masa persiapan menuju satu race event. Pentingnya hidrasi yang benar (sesuai dengan berat badan dan kondisi alam), mengkonsumsi karbohidrat dengan jenis dan jumlah yang tepat, dan memperhatikan bentuk asupan protein dalam pola makan, selama dan setelah berlatih, menjadi kunci sukses. Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat pelari adalah tidak melakukan proses pemulihan dengan benar dan tidak memberikan waktu cukup setelah sesi latihan maupun race event. Selain dehidrasi dan kehilangan elektrolit, lari jarak jauh dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan serat otot yang secara signifikan mengurangi kekuatan dan daya tahan otot. Di sini lah mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber protein dan asam amino esensial memiliki peranan yang sangat penting,” ungkap Emilia.


 


“BCAA (Branched-Chain Amino Acids) adalah 3 dari 9 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari makanan. BCAA sangat penting untuk pembentukan masa otot dan produksi tenaga. Dalam aktivitas sehari-hari (bukan olahraga), mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan protein saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan fisik, namun untuk aktivitas fisik seperti marathon, konsumsi makanan atau minuman lain yang mengandung BCAA sangat penting,” lanjutnya.


Selain workshop yang diadakan pada 12 Agustus 2023, rangkaian kegiatan Road to Garmin Run 2023 juga diisi dengan Sunday Run yang diadakan pada 10 & 17 September 2023, sebagai persiapan yang bisa diikuti sport enthusiast sebelum menjajal Garmin Run 2023 yang terdiri dari kategori 5K, 10K, 21K, dan Kids Dash.


 


Pada Garmin Run 2023 untuk kategori Kids Dash terdapat 200 kids runner, kategori 5K terdapat 1.500 runner, kategori 10K terdapat 2.500 runner, kategori 21K terdapat 800 runner yang berpartisipasi. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Garmin Run 2023 yang dimulai sejak pukul 05.00 hingga menjadi finisher. Pada Garmin Run tahun ini, Ajinomoto juga menyediakan booth yang menginformasikan kepada para peserta mengenai pentingnya asupan aminoVITAL™ 30 menit sebelum berolahraga atau setelah berolahraga.


Artikel Terkait