Artikel

Ajinomoto Visitor Center Virtual Factory Tour, Ubah Krisis Menjadi Digitalisasi Kreatif

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 17 November 2021

Ajinomoto Group, yang bertanggungjawab untuk membantu menjaga rantai pasokan makanan global berjalan lancar, namun juga memiliki semangat yang tinggi dalam membangun kedekatan dan kepercayaan konsumen melalui perkenalan sejarah dan proses produksi dari produk-produk yang lezat dan sehat kepada dunia melalui program Ajinomoto Visitor Center.

Semangat untuk mengenalkan produk-produk berkualitas Ajinomoto juga disambut dengan baik oleh salah satu anak perusahaan Ajinomoto Group, PT Ajinomoto Indonesia (PTA). Pada hari jadi perusahaan yang ke-50 pada Juli 2019 lalu, untuk pertama kalinya PT Ajinomoto Indonesia meluncurkan tur tatap muka ke dua fasilitas unggulannya di Pulau Jawa, yaitu pabrik canggihnya di Mojokerto Jawa Timur, serta Ajinomoto Visitor Center terbaru di pabrik Karawang Jawa Barat. Hingga akhir 2019, Ajinomoto Visitor Center sudah dikunjungi oleh lebih dari 13.000 orang yang tertarik.

Kemudian krisis pandemi global Covid-19 yang melanda dunia sejak awal 2020 lalu membuat banyak aspek dan sektor sosial yang mengalami perubahan dan adaptasi. Semua harus disesuaikan dengan kondisi yang mengharuskan masyarakat lebih banyak beraktifitas di dalam ruangan. Sehingga seluruh kegiatan tur secara offline pun ikut ditutup.

Meskipun demikian, masih dengan semangat yang membara serta komitmen yang terus terjaga untuk memperkenalkan Ajinomoto Visitor Center ke masyarakat Indonesia, PT Ajinomoto Indonesia pun secara sigap membuat inisiatif yang cukup menantang agar dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru yang dengan meluncurkan Virtual Tour dari Ajinomoto Visitor Center pada Maret 2021. “Dari sudut pandang positif,” kata Indra Setiadi dari Departemen Quality Assurance Karawang, “pandemi ini telah mendorong kami untuk melakukan perbaikan menuju operasi yang lebih baik dan lebih efisien yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.”

Transformasi digital melalui adanya tur virtual yang dirancang secara menarik dan kreatif ini dapat langsung diakses melalui gadget dengan menggunakan teknologi VR 360 derajat terbaru. Tur Pabrik Virtual Ajinomoto Virtual Center Karawang dan pabrik Mojokerto terdiri dari tur mandiri yang menampilkan eksplorasi 360 derajat terhadap fasilitas dan pameran, video penjelasan, kuis yang menyenangkan dan informatif, rekaman ucapan selamat dari staf, foto suvenir augmented reality, dan banyak lagi. Tur berpemandu online langsung juga dapat diatur berdasarkan permintaan dari para pengunjung.

Tur virtual 360VR memungkinkan perusahaan menjangkau komunitas yang jauh lebih besar dari sebelumnya, tidak hanya di Jawa tetapi di seluruh negeri. “Indonesia memiliki lebih dari 270 juta penduduk yang tersebar di banyak pulau,” jelas Yayah Hoeriyah dari Brand Communication Manager, PR Department. “Tur Pabrik Virtual Ajinomoto adalah pendekatan yang lebih mudah dan lebih luas untuk berkomunikasi tentang perusahaan dan produk kami.”

Hingga Juni 2021, AVC telah menerima hampir 2.000 pengunjung virtual, mayoritas dari mereka adalah siswa yang melakukan pembelajaran di rumah. Selain itu, kelas memasak populer yang dulunya diadakan secara offline melalui studio Dapur Umami kini juga dialihkan ke aktivitas digital lainnya, seperti media sosial dan juga website yang memiliki berbagai fitur, diantaranya referensi ratusan resep, Tanya NutriExpert, dan Jurnal Umami yang memungkinkan pengguna bertukar resep dan tips memasak.



Artikel Terkait