Workshop Pangan & Gizi untuk Guru Sekolah Dasar (SD) “Penelitian Terkini Seputar Rasa Dasar Ke-5”

Ditayangkan pada, 30 October 2017

Tangerang – Para guru Sekolah Dasar (SD) mengikuti workshop pangan dan gizi yang diselenggarakan INAVIGA dan DIKNAS kota Tangerang yang disponsori oleh Ajinomoto Indonesia. Mengambil tema “Penelitian terkini seputar rasa dasar ke-5” dan diikuti oleh guru-guru yang mewakili 137 sekolah dasar negeri di Tangerang. Workshop dibuka oleh Bapak Hasyim selaku Kasie DIKDAS ”Seminar edukasi ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalitas guru SD di bidang gizi, mohon hal ini bisa diimplementasikan di lingkungan sekolah Bapak dan Ibu guru, karena saat ini sekolah-sekolah belum memiliki kantin sehat, ilmu yang didapat di workshop ini bisa menjadi ajang pembelajaran untuk pembuatan kantin sehat di masing-masing sekolah” tutur beliau.

Workshop menghadirkan 3 pembicara kompeten di bidang pangan dan gizi. Prof. Hanny Wijaya selaku guru besar Teknologi Pangan IPB, memaparkan mengenai informasi terkini rasa Umami sebagai rasa dasar ke-5 selain rasa asin, manis, pahit dan asam yang telah kita ketahui sebelumnya. “Orang Indonesia mengenalnya sebagai gurih, dan sejak lahir manusia sudah terbiasa dengan rasa umami karena protein dari air susu ibu (ASI) mengandung glutamat yang cukup banyak dan glutamat merupakan umami substances” papar Prof. Hanny. Beliau juga mengenalkan  berbagai bumbu umami lokal dari Indonesia, seperti bekasang, petis, terasi, tempe semangit, tauco, tempoyak, picung, kecap manis, kecap ikan, dan lain-lain.”

Selanjutnya, para guru juga diedukasi dengan ilmu gizi dari Prof. Ahmad Sulaeman yang merupakan guru besar Gizi IPB, mengambil judul “Rasa umami untuk memperbaiki status gizi dan manfaatnya bagi kesehatan”, beliau memaparkan fakta dan manfaat dari MSG sebagai sumber rasa umami. Prof. Ahmad pun menyimpulkan “Umami berperan dalam meningkatkan asupan makanan karena berfungsi sebagai flavor enhancer. Selain bermanfaat untuk memperbaiki status gizi, umami kemungkinan mempunyai potensi theurapetic dan manfaat kesehatan lain termasuk pada bayi.”

Terakhir Hendry F. (INAVIGA founder), beliau memaparkan regulasi dan status keamanan dari Bahan Tambahan Pangan (BTP). “MSG merupakan BTP Penguat rasa yang telah diijinkan penggunaannya, kajian keamanan MSG telah banyak dilakukan oleh berbagai lembaga internasional. Berdasarkan kajian ilmiah tersebut, disebutkan bahwa MSG aman dengan nilai ADI tidak dinyatakan.” tutur pak Hendry menutup workshop guru kemarin.
Workshop serupa telah diselenggarakan di Bogor dan terakhir akan dilaksanakan di Jakarta November nanti. Harapannya, dengan informasi terkini seputar umami dan MSG, para Bapak dan Ibu guru dapat memberikan informasi yang benar dan berimbang kepada para murid, orang tua murid dan para pemangku kepentingan di Sekolah.

Kembali ke berita utama


Copyright Ajinomoto© 2017 - All right reserved.

Scroll to Top