Seminar Ilmiah MSG bagi Dokter-Dokter di Jawa Timur

Ditayangkan pada, 12 September 2017

Surabaya – Physician Forum merupakan kegiatan tahunan para dokter dibawah naungan Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI). Ajinomoto berpartisipasi dengan menghadirkan dokter gizi klinik yang berbicara tentang “Fakta-fakta Ilmiah MSG”  kepada 350 dokter di Jawa Timur.

Dr. Johanes Chandrawinata, MND, SpGK, menjelaskan secara komprehensif materi yang sensitive ini. Beliau mengambil judul “MSG AMANKAH?”, presentasi dimulai dengan prasangka efek buruk MSG dari Sindrom Restoran China tahun 1968, kerusakan otak, kerusakan janin, kanker dan MSG terakumulasi di dalam darah. Faktanya yang selama ini para dokter belum tahu yaitu komposisi MSG terdiri dari glutamat bebas (78 %) , Natrium (12 %) dan Air (10 %). Informasi berguna untuk menepis anggapan para dokter yang selama ini mengira MSG terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya dan harus dihindari

“MSG merupakan rasa dasar kelima (Umami/gurih) yang juga banyak terdapat di berbagai makanan, buah dan sayuran, seperti : tomat, ikan, daging, keju, terasi dan lain-lain” ungkap Dr. Johanes. Beliau juga memaparkan semua bahan yang mengandung glutamat yang masuk kedalam tubuh, tidak ada perbedaan metabolisme antara glutamat dari bahan alami ataupun dari bumbu seperti terasi dan MSG.

Dr. Johannes juga menjelaskan tentang keamanan MSG dari badan kesehatan dunia ( JECFA, USFDA, Uni Eropa termasuk BPOM RI), MSG dikategorikan sebagai bahan tambahan pangan (BTP) penguat rasa yang aman dikonsumsi dengan pemakaian Secukupnya (ADI Not Specified). Di akhir presentasinya, Dr. Johannes memberikan kesimpulan yaitu :

  1. MSG sebagai penyebab sakit kepala masih harus diteliti kebenarannya
  2. MSG tidak terbukti menyebabkan berbagai penyakit, seperti yang diisukan: sakit kepala, kanker dan asma.
  3. MSG aman dan ADI (acceptable daily intake ) MSG tidak ditentukan, artinya boleh digunakan secukupnya.

Komentar positif datang dari para dokter seusai mendengarkan seminar ini. “Hal ini merupakan informasi yang baru kami ketahui, MSG merupakan bahan yang aman dengan latar belakang penelitian Ilmiah dan jurnal terpercaya, serta berdasarkan keputusan dari badan kesehatan dunia termasuk BPOM RI bahwa MSG aman dikonsumsi” ujar salah satu peserta seminar.

Harapannya, dengan ter-updatenya para dokter terkait fakta terkini MSG, mereka dapat memberikan informasi yang benar dan berimbang kepada pasiennya.

Kembali ke berita utama


Copyright Ajinomoto© 2017 - All right reserved.

Scroll to Top